1.10.11

Cinta Bisa Sembuhkan Rasa Sakit

img
dok. Thinkstock

Dalam dongeng atau lirik lagu romantis, cinta sering menjadi jalan keluar. Mulai dari mengembalikan semangat hidup, hingga menghilangkan rasa sakit. Kisah itu tak sekedar isapan jempol, karena menurut penelitian, hal itu benar adanya.

Sebuah penelitian unik dilakukan oleh peneliti asal Universitas California  Amerika Serikat. Mereka memilih 25 wanita sebagai objek penelitiannya.

Ke-25 wanita itu diberikan rasa panas di tangan mereka hingga merasa sakit. Lalu para peneliti menyiapkan 3 buah foto. Yang pertama adalah foto pasangan mereka  yang menjadi objek penelitian, yang kedua foto orang yang tidak dikenal, dan yang ketiga foto barang.

Dari hasil penelitian yang dituliskan pada Jurnal Psikologi, rasa sakit yang dirasakan para wanita itu berkurang, bahkan hilang saat mereka melihat foto orang yang dicintai. Para peneliti menjelaskan ikatan sosial dan emosional pada seseorang yang dicintai akan membuat seseorang memiliki daya tahan fisik yang lebih.

Dalam penelitian lain juga terbukti memegang tangan orang yang dicintai akan menghilangkn rasa sakit di dada. Jadi keajaiban cinta bukan hanya ada di cerita dongeng belaka kan?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...