12.10.11

Seberapa Sering Anda & Pasangan Berbohong?

img
Dok. : Thinkstock

Berbohong bisa dilakukan oleh siapa saja, baik Anda atau pasangan. Namun, tahukah Anda seberapa sering Anda dan pasangan berbohong setiap harinya?

Seperti yang dikutip dari geniusbeauty, beberapa peneliti dari Swiss melakukan studi selama beberapa tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak kebohongan dan kejujuran yang dikatakan oleh seseorang dalam percakapan sehari-harinya.

Para peneliti mengatakan bahwa penemuannya menunjukkan bahwa hanya ada sedikit kejujuran yang dalam kehidupan kita. Tidak hanya itu, sang peneliti juga mengklaim bahwa kehidupan kita setiap harinya dipenuhi dengan kebohongan, kemunafikan dan distorsi realita.

Dalam penelitiannya tersebut, ditemukan bahwa orang yang sudah menikah lebih sering berbohong (56 persen) ketimbang orang yang belum menikah (33 persen). Selain meneliti berdasarkan status, sang peneliti juga meneliti kebohongan berdasarkan gender dan ditemukan bahwa wanita ternyata lebih sering berbohong untuk membuat sesuatu tampak lebih dramatis (28 persen) dibandingkan dengan pria (13 persen).

Di sisi lain, pria lebih sering berbohong untuk keuntungan pribadi (36 persen)dibandingkan dengan wanita (24 persen). Menurut para peneliti, pria dan wanita memiliki persentase yang sama yaitu 32 persen dan 31 persen untuk berbohong demi kelangsungan hidup.

Fakta mengejutkan lainnya adalah orang dengan pendidikan tinggi lebih sering berbohong (74 orang) daripada orang berpendidikan rendah (36 persen). Sedangkan orang yang memiliki pendapatan besar juga juga lebih sering berbohong (67 persen) dibandingkan masyarakat miskin (29 persen). Ironisnya, orang berpendidikan tinggi adalah pembohong yang paling handal.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...