5.10.11

Tipe Pecinta Seperti Apakah Anda?

img
Dok. Thinkstock
  Seorang psikolog, John A. Lee mewawancarai ratusan orang dan menyimpulkan bahwa tiap orang memiliki cara yang berbeda dalam hubungan cinta. Berikut beberapa tipe cinta seseorang menurut sifat berhubungan dengan pasangannya seperti dikutip dari savvymiss:

Eros
Ciri-ciri:
Bisa mengetahui seseorang yang cocok pada pandangan pertama, Perasaan seksual sangat penting, sedangkan cinta menjadi titik sentral dalam hidup, Sulit mencari pasangan yang tepat (pemilih).

Jenis eros mempunyai pasangan yang ideal secara fisik dengannya. Orang eros percaya bahwa hanya ada satu pasangan yang cocok dalam hidupnya. Orang eros sangat setia selama ada keromantisan dalam hubungan sehingga sangat penting bagi Anda yang memiliki kekasih jenis ini untuk tidak pernah melupakan romansa dalam hubungan.

Ludus
Ciri-ciri:
Benci untuk menjadi terikat dengan pasangannya, Tidak dewasa atau memiliki phobia terhadap komitmen di masa lalu. Banyak lawan jenis yang menarik dimatanya.

Jenis Ludus sering frustasi dengan aspek dalam hidupnya dan tidak suka berkomitmen dalam hubungan cinta. Ludus murni sangat prihatin tentang penyebab sakit hati dan memperingatkan orang lain bahwa komitmen justru membuat hubungan goyah.

Beberapa jenis Ludus kurang teliti atau tidak jujur. Orang Ludus menghindari melihat pasangan terlalu sering pada awal hubungan dan bahkan jika mereka menikah, maka akan sering terjadi jarak dan rahasia antara dirinya dan pasangan.

Bagi Ludus, cinta adalah sebuah penjamuan dan ia ingin mencoba semua makanan dalam jamuan tersebut. Hal ini membuat tipe eros dan mania yang menjadi pasangannya marah.

Storge
Cinta bisa memudar, namun ia bisa hidup dengan sahabat seumur hidupnya, Cinta adalah basis dari komunikasi yang kuat untuknya, Saat ia bersahabat baik dengan seseorang, maka masalah seksual yang ia hadapi terselesaikan begitu saja.

Orang jenis ini sering tumbuh dalah keluarga dan komunitas yang mendukungnya. Mereka mengharapkan bahwa pasangannya adalah teman yang 'spesial'.

Orang storge tidak disibukkan dengan cinta namun dalam hubungan jangka panjang mereka menjadi sangat posesif jika cinta mereka terancam dan akan berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan kekasih mereka. Cinta bukan akhir baginya, karena hanya bagian dari hidupnya.

Mania

Cinta menjadi sebuah kebutuhan, bahkan sebuah obsesi, bisa menurunkan berat badan, tidur dan kadang menjadi gila saat jatuh cinta. Butuh waktu yang panjang untuk menyembuhkan sakit hati ketika putus dan kebanyakan menjadi yang terbuang, bukan yang membuang.

Orang jenis ini berpotensi menjadi penguntit. Mereka cemburuan dan posesif. Sangat jarang orang yang ingin bersama jenis mania sehingga tidak heran jika ia hampir pasti selalu ditinggalkan.

Pragma
Mempunyai kriteria terhadap pasangan yang diinginkan, Percaya bisa menguasai semua tujuan dengan akal sehat, termasuk sukses berhubungan. Tidak pernah berakhir dengan seseorang yang tidak cocok dengan ambisinya dalam hidup maupun dalam kehidupan sosial.

Pragma tidak jatuh cinta dengan orang yang tidak cocok dalam hidup, rencana dan tujuan. Meskipun mereka meremehkan emosi yang berlebihan seperti cemburu, namun pragma menghargai sebuah komitmen. Dia mau sebuah hubungan namun yang tidak mengorbankan perdamaian dan kenyamanan hidupnya sehingga baginya lebih baik hidup sendiri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...