5.10.11

Etika Percakapan dengan si Dia (Bagian 2)

img
Dok. Thinkstock
Mengubah topik percakapan menjadi yang Anda sukai dan mengecek ponsel merupakan beberapa hal yang harus ditinggalkan saat melakukan percakapan dengan si dia. Masih ada beberapa etika lagi yang harus dipatuhi agar percakapan Anda dengan si dia tetap menyenangkan.

Tidak Fokus
Hal penting yang harus selalu diperhatikan adalah untuk tetap fokus pada percakapan. Khususnya saat percakapan dengan berhadapan di sebuah meja restoran dalam sebuah kencan.

Hal-hal yang sering membuat seseorang tidak fokus adalah pikiran yang melayang dan mata tertuju pada objek yang menarik. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya jangan mengalihkan pandangan Anda pada si dia atau lihatlah objek-objek disekitar meja Anda.

Mintalah maaf jika si dia menyadari bahwa Anda tidak benar-benar mendengarkannya. Jangan lupa memberikan alasannya. Momen ini juga baik untuk melihat reaksinya terhadap Anda.

Memonopoli Percakapan

Anda mungkin mempunyai banyak hal yang Anda anggap seru untuk dibahas, namun bukan berarti Anda bisa memonopoli percakapan. Berbicara tanpa henti hanya akan membuat si dia berpikir bahwa Anda adalah wanita yang cerewet, suka pamer, mementingkan dirinya sendiri dan tidak peduli dengan orang lain.

Anda tentunya tidak ingin dianggap seperti itu oleh si dia, bukan? Oleh karena itu, berikan ia kesempatan untuk berbicara, sekedar berpendapat atau menceritakan harinya. Mulailah dengan bertanya bagaimana harinya, kondisi kantornya atau kegiatannya yang lain.

Menyelak

Tidak ada yang lebih tidak sopan dari menyelak perbincangan. Anda tidak berada pada sebuah adu argumentasi, jadi tidak usah menyelak perbincangan. Biarkan si dia selesai berbicara, barulah Anda membalasnya.

Berbicara dari Kursi

Saat Anda sedang makan di sebuah restoran bersama sahabat dan kebetulan bertemu si dia, maka berdirilah saat ia menghampiri Anda. Berbicara sambil duduk dan membiarkannya berdiri bukanlah hal yang baik.

Jika Anda pikir perbincangan ini akan panjang, maka tawarkanlah kursi kosong di samping atau di depan Anda. Jangan lupa mengenalkan sahabat Anda agar suasana semakin cair. Momen ini juga sebagai kesempatan untuk sahabat Anda menilai si dia dari sudut pandangnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...